Menguak Makam Keramat di Pusat Kota Tasikmalaya

  • Bagikan
Menguak Makam Keramat di Pusat Kota Tasikmalaya
Menguak Makam Keramat di Pusat Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, INILAHJABAR.ID – Situs makam keramat bagi sebagian masyarakat Indonesia masih dianggap sakral. Biasanya makam tersebut berada di pegunungan ataupun tempat yang jauh dari keramaian kota. Tapi uniknya, makam keramat satu ini berada tidak jauh dari pusat Kota Tasikmalaya.

Situs Makam Eyang Dalem Wijaya Kusuma dan Eyang Paminda merupakan salah satu situs makam yang dikeramatkan. Berlokasi di Gunung Dukuh Perum Bumi Resik Panglayungan Kelurahan Panglayungan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Makam ini masih sering dikunjungi banyak pejiarah, baik dari dalam kota maupun luar kota.

Warga sekitar menyebutnya sebagai Makam Keramat Gunung Dukuh. Sedikitnya ada empat tokoh yang dikenal masyarakat di lokasi tersebut, diantaranya Eyang Paminda, Eyang Dalem Wijaya Kusumah, Eyang Sakerta dan Sakerti.

Berdasarkan penuturan salah satu warga, Didi Mahdi, situs tersebut kerap dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah di Jawa Barat, bahkan ada yang dari Surabaya. Namun Ia dan begitupun dengan warga sekitarnya, tidak mengetahui sejarah dan asal mula makam keramat tersebut.

Dulu ada sesepuh yang katanya tahu tentang sejarah tokoh di makam keramat ini, hanya sekarang sudah meninggal dunia, dan tidak ada yang melanjutkan. Namun jika melihat banyaknya yg sering berziarah, diyakini makam tersebut merupakan makam orang Soleh, dan memiliki banyak keistimewaan pada saat masih hidup.

Tasikmalaya sendiri dikenal sebagai pusat peradaban agama Islam di masa lampau. Banyak orang soleh dan kiayi yang memiliki ilmu tinggi. Sebut saja walilullah Syekh Abdul Muhyi di Pamijahan, Syekh Abdul Ghorib di Cibeas, Syekh Abdulloh di Cibeureum dan masih banyak lagi ulama lainnya yang memiliki keistimewaan. (Ind)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.